Royal Star, Jakarta – Hello guys, balik lagi nih sama mimin, kali ini mimin mau bahas tentang perusahaan promosi yang pasti akan menarik untuk disimak. yok kita mulai aja ya guys, semoga kalian semua bisa simak konten ini sampai selesai.
Pengertian promosi pada kegiatan pemasaran terdapat suatu kegiatan yang mempunyai peran penting dalam mengkomunikasikan produk yang dihasilkan oleh perusahaan, kegiatan tersebut adalah promosi. Promosi merupakan alat bagi perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan para pelanggan atau konsumen guna memperkenalkan suatu produk yang baru. Promosi perusahaan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran.
Jadi Apa Itu Perusahaan Promosi?
Perusahaan Promosi adalah usaha yg bergerak dibidang jasa untuk mempromosikan sesuatu barang. Diazaman sekarang sudah banyak perusahaan yang berdiri di bidang ini, salah satu nya adalah Royal Star, nah dengan berdirinya perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang promosi ini mempermudah perusahaan – perusahaan besar untuk melakukan promosi. Untuk mengadakan promosi, perusahaan hendaknya terlebih dahulu menetapkan tujuan diadakannya promosi tersebut. Tujuan utama dari promosi adalah menginformasikan, mempengaruhi dan membujuk, serta mengingatkan pelangggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Bauran promosi (promotional mix) untuk setiap jenis produk maupun industri adalah berbeda-beda, dan untuk menentukan variable promotional mix yang paling efektif merupakan tugas yang sulit dalam manajemen pemasaran. Dalam praktek, manajemen harus mencari kombinasi yang terbaik atas penggunaan alat-alat tersebut.
Banyak sekali jenis promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan, berikut adalah jenis – jenis promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan promosi.
1. Traditional Marketing
Traditional marketing merupakan salah satu macam promosi yang sudah lama ada akan tetapi masih eksis dan masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Cara promosi pada jenis traditional marketing ini adalah menggunakan media cetak, misalnya koran, brosur, papan reklame, dan lain sebagainya.
Traditional marketing ini juga bisa dilakukan melalui media elektronik, misalnya melalui televisi atau radio. Dilakukannya promosi dengan cara ini adalah agar dapat menjangkau pasar dalam area yang luas. Sayangnya, cara promosi ini tidaklah murah. Anda harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk menayangkan promosi atau iklan bisnis Anda.
2. Digital Marketing
Jenis promosi yang kedua adalah digital marketing. Seperti yang kita sadari, saat ini kita memasuki era digital, dimana hampir semua orang menggunakan media sosial dan kecanggihan digital lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, saat ini marak promosi bisnis melalui digital marketing.
Strategi promosi yang bisa dilakukan melalui cara digital marketing ini adalah memanfaatkan media sosial yang saat ini ramai digunakan. Misalnya YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya untuk ajang promosi memperkenalkan produk di dunia digital.
Bentuk promosi barang dan jasa melalui pemasaran digital ini mampu menjangkau pasar yang lebih spesifik. Meski begitu, jangkauan pasarnya tetap luas dan biaya yang dikeluarkan bisa dibilang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan strategi pemasaran melalui traditional marketing yang memasang iklan di TV atau reklame dengan harga fantastis.
3. Direct Marketing
Direct marketing atau promosi secara langsung ini juga tidak kalah menjanjikan. Keuntungannya adalah Anda dapat mempromosikan bisnis Anda menggunakan sales representative yang bisa berbicara langsung kepada calon konsumen. Kegiatan ini dirasa lebih efektif karena terjadinya interaksi langsung antara pembeli dan juga sales.
Sehingga cara ini akan lebih meyakinkan karena adanya komunikasi dua arah. Akan tetapi, diperlukan tenaga manusia tambahan untuk melakukan jenis promosi ini.
4. Endorsement
Jenis promosi endorsement ini hampir mirip dengan digital marketing, yang mana endorsement juga memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis. Bedanya, endorsement ini memanfaatkan artis atau influencer yang aktif di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda miliki.
Artinya, Anda harus membayar seorang influencer untuk mempromosikan bisnis yang anda miliki. Cara ini cukup menjanjikan bagi masyarakat karena masyarakat akan memiliki rasa percaya yang lebih karena idolanya atau seorang influencer mampu memengaruhinya dengan review yang dilakukan sang artis.
5. Personal Selling
Jenis promosi yang selanjutnya adalah personal selling. Hampir sama dengan direct marketing yang mana bertemu dan juga memberi informasi secara langsung kepada calon pembeli. Bedanya, personal selling ini dilakukan langsung oleh pemilik barang atau jasa atau dilakukan sendiri oleh pengusahanya.
Jenis personal selling ini dilakukan oleh setiap pelaku bisnis demi mempertahankan dan juga mengembangkan bisnis milikinya dengan mendapat keuntungan dari konsumen secara langsung, karena tidak bisa dipungkiri, konsumen pasti lebih tertarik jika ditawari langsung oleh yang memiliki usaha tersebut.
6. Publicity
Terakhir adalah jenis promosi yaitu publicity. Jenis promosi ini artinya usaha pendekatan kepada masyarakat supaya masyarakat lebih mengenal produk dan jasa yang ditawarkan.
Nah, itu dia jenis-jenis promosi yang kalian harus tahu dalam strategi pemasaran brand & perusahaan kalian. Untuk kalian yang sedang melakukan promosi brand atau bisnis kalian, tenang Royal Star siap membantu. So, kalian udah melakukan promosi yang mana nih? Jawab di kolom komentar ya guys!
Leave a reply