Royal Star, Jakarta – Hello guys, balik lagi nih sama mimin. Apa kabarnya kalian semua guys? Semoga baik-baik saja ya, dan semua selalu dalam keadaan sehat dan menyenangkan. Hari ini kita akan ada ulasan spesial, dimana ulasan ini akan berguna sekali untuk kalian yang memiliki usaha atau kalian yang sedang merintis sebuah usaha. Ulasan kali ini akan membahas sisi penting dari sebuah bisnis atau usaha, yaitu tentang pemasaran atau promosi. Ada banyak cara promosi seperti menggunakan souvenir dan merchandise, atau berpromosi menggunakan media digital. Jadi kalau pemasaran produkmu lancar alias kamu dapat banyak orderan, otomatis usaha kalian akan semakin berkembang dan kalian bisa mendapatkan profit yang maksimal.
Pengertian Strategi Promosi
Dalam konteks bisnis, promosi jadi salah satu kegiatan yang menjadi nyawa perusahaan terkait dengan penjualan produk. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat. Dengan begitu, penjualan produk dapat ditingkatkan dan mendapatkan target pasar yang tepat.
Secara definisi, strategi promosi adalah perencanaan serangkaian aktivitas untuk memilih dan melaksanakan cara promosi yang tepat bagi perusahaan. Tak hanya itu, saat melakukan strategi ini, perusahaan juga memperhatikan unsur lain seperti pengaruh produk bagi konsumen dan bagaimana hal tersebut dapat dimanfaatkan. Nantinya, strategi ini akan masuk menjadi bagian rencana pemasaran dari perusahaan.
Tujuan Strategi Promosi
Selain bertujuan untuk meningkatkan penjualan, strategi dalam promosi juga bertujuan untuk hal lain, yaitu:
- Mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk
- Mempengaruhi tingkat keinginan pembeli untuk melakukan repeat order
- Memperluas pasar dengan menambah konsumen baru.
- Mencari konsumen atau pelanggan yang loyal terhadap produk perusahaan
- Mengalahkan pesaing yang mempunyai produk dalam segmen yang sama.
- Mengembangkan ide dan inovasi untuk meningkatkan penjualan produk.
- Meningkatkan volume dan kualitas produk
Karakteristik Strategi Promosi
Strategi promosi memiliki karakteristik yang harus menjadi dasar dari penyusunannya. Perusahaan dapat mempertimbangkan hal berikut ini saat akan melakukan strategi ini dalam menjual produknya.
Komunikasi
Strategi yang di gunakan saat berpromosi harus bisa menyediakan informasi kepada konsumen tentang produk lewat komunikasi yang tepat dan sesuai dari perusahaan.
Intensif
Saat berpromosi, perusahaan atau brand harus memuat pemberian pelayanan secara intens untuk menstimulus konsumen dari nilai dan kualitas barang.
Invitation
Salah satu indikator kalau strategi Anda berhasil adalah bisa mengajak para konsumen untuk membeli produk yang di tawarkan dan memperoleh pendapatan.
Klasifikasi Strategi Promosi
Strategi promosi di klasifikasikan dalam beberapa bentuk yang bisa diterapkan oleh perusahaan. Berikut ini penjelasannya.
Customer Promotion
Strategi yang satu ini di lakukan untuk mempengaruhi konsumen agar mau melakukan pembelian melakukan pembelian terhadap suatu produk barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Trade Promotion
Secara khusus, trade promotion di lakukan untuk menggaet distributor yang tak hanya ingin membeli produk perusahaan tetapi juga menjualnya kembali. Strategi ini di lakukan pada pedagang eceran, grosir, agen, dan importir yang potensial.
Business Promotion
Strategi ini di lakukan untuk melakukan penjualan terhadap pelanggan baru, me-maintain komunikasi, meningkatkan volume penjualan, dan mengenalkan produk serta keunggulan dari barang atau jasa yang di tawarkan.
Kegiatan Strategi Promosi
Promosi dapat di terapkan dalam bentuk kegiatan. Maksudnya, kegiatan-kegiatan ini di lakukan untuk menjalankan perencanaan dan strategi dari perusahaan. Kegiatan ini di lakukan dengan berbagai pendekatan dan cara. Berikut diantaranya:
Penjualan Langsung
Penjualan langsung atau direct selling adalah kegiatan promosi yang di lakukan dengan cara tatap muka antara penjual dan pembeli. Singkatnya, promosi produk akan di lakukan secara langsung dan menargetkan pada penjualan suatu produk dalam jumlah tertentu. Biasanya pada metode ini, perusahaan menerapkan sistem uji coba produk agar konsumen dapat mengenal produk sebelum membelinya.
Iklan
Iklan atau advertising merupakan strategi yang di lakukan secara indirect atau tidak langsung. Media iklan di manfaatkan sebagai promosi dalam bentuk media tertentu, baik secara online maupun offline. Promosi melalui iklan menargetkan pangsa pasar sesuai dari karakteristik konsumen dan mendorong untuk mengenalkan produk yang ada.
Publikasi
Setipe dengan iklan, publikasi juga merupakan kegiatan strategi tidak langsung. Bedanya, publikasi di lakukan dengan mempromosikan produk dengan konten komersial atau advertorial melalui media cetak, elektronik, dan lainnya.
Royal Star, Souvenir dan Merchandise
Satu hal yang perlu kalian ketahui, Royal Star sendiri adalah perusahaan promosi, yang dapat mensupport kegiatan pemasaran dan branding dari usaha atau bisnis kalian. Royal Star dapat menyediakan souvenir dan merchandise yang unik dan inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan promosi dan pemasaran usaha kalian. Promosi pemasaran dengan merchandise atau souvenir akan membantu menarik pelanggan untuk mengenal produk usaha kalian loh. Yuk follow kami di sosial media guys, dan jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar ya!
One comment on “Startegi Pemasaran, Untuk Meningkatkan Penjualan”
Bonus d'inscription à Binance
Thank you for your sharing. I am worried that I lack creative ideas. It is your article that makes me full of hope. Thank you. But, I have a question, can you help me?